Jumat, 11 Januari 2008

Tentang Kuliner

Kolom ini saya buat karena saya pikir bisa mewakili atas hobby saya yang satu ini. Yaitu bidang Food and Beverage alias kuliner.

Jadi kolom kuliner ini adalah tempat dimana saya bisa menuangkan ide, karya dan pengalaman saya dibidang kuliner. Termasuk resep-resep masakan mulai masakan tradisonal, masakan oriental maupun kontinental yang sudah pernah saya praktikkan.

Inilah sebuah pengalaman kuliner yang akan saya bagikan kepada anda semua dengan harapan semoga bermanfaat.

Perlu diperhatikan di dalam kumpulan resep - resep kuliner di bawah memang tidak mencantumkan jumlah bahan maupun ukuran bahan yang dipakai karena saya berfikir kuliner adalah bagian dari seni, dan kepekaan tangan seseorang dalam mengukur, memotong, meramu, mencampur, menyajikan punya tingkat kesenian masing - masing. Jadi dengan resep dasar dibawah selamat memasuki dunia kuliner.

Pada kolom kali ini saya akan berbagi resep khusus mengenai salad

SALADS

Salad adalah termasuk dalam kategori makanan perangsang nafsu makan ( makanan pembuka ) atau di sebut appetizer. Macam-macam salad yang telah di praktikkan penulis ada dua jenis klasifikasi salad yaitu salad oriental ( yang berasal dari indonesia ) dan salad kontinental ( salad Eropa ). Secara umum salad terbuat dari campuran sayuran dan lain-lain yang dicampur dengan sejenis sauce atau mayonise. Untuk lebih mengenal detail macam – macam salad dan proses bahannya adalah sebagai berikut :

Salad Indonesia ( Oriental )

  1. Rujak Manis

    Bahan : pepaya, nanas, timun, mangga muda, kedondong, belimbing, bengkoang

    Cara : Semua bahan di kupas, potong tipis-tipis ( slices ), lalu siapkan piring atur selada lectus lalu buah – buahan iris tersebut di taruh di atasnya dan disiram dengan saos rujak manis.

  2. Saos Rujak Manis

    Bahan : Gula jawa, asem, cabe rawit, terasi, bawang putih, garam, kacang tanah goreng di ulek kasar, sedikit kecap manis

    Cara : semua bumbu di haluskan lalu panaskan dengan sedikit air, aduk rata lalu di angkat, disaring dan di taburi bubuk kacang.

  3. Rujak Gobet

    Bahan : Ketimun, Mangga muda, bengkoang

    Cara : semua bahan di serut dengan parut serut, siapkan tempat mangkuk atau gelas lalu alasi dengan selada lectus sebagai dasar taruh serutan buah tersebut lalu di tambah dengan saos rujak manis dan atasnya dikasih garnish ( hiasan) buah cherry

  4. Trancam

    Bahan : Ketimun, tauge kacang ijo kecil, kacang panjang

    Cara : Ketimun dan kacang panjang di chop iris kecil-kecil kasar, lalu dicampur tauge dan di urap dengan bumbu urap-urap, taruh dipiring kecil ( saucer) dengan garnish selada rosso dan tomat iris.

  5. Bumbu Urap-urap

    Bahan : Lombok merah, lombik rawit, kencur, daun jeruk, gula jawa, bawang putih, garam.

    Cara : blander ( haluskan ) semua bumbu lalu di tambahkan parutan kelapa muda, bungkus denag daun pisang lalu di steam ( kukus ) selama 30 menit.

  6. Urap-urap

    Bahan : Kobis, kacang panjang, tauge sedang atau ditambah sayur – sayuran kulupan.

    Cara : rebus semua bahan sampai lunak matang dan tiriskan. Lalu di campur dengan bumbu urap, hidangkan dipiring dengan alas daun pisang dan garnish sesuai selera.

  7. Pecel

    Bahan : Tauge, bayam, kobis, kacang atau ditambah sayur-sayuran kulupan

    cara : rebus semua bahan sampai lunak matang, tiriskan lalu siapkan di piring atau tempat dan disiram dengan saus pecel.dan ditambahkan garnish sesuai selera.

  8. Saos pecel

    Bahan : kacang tanah, cabe merah, cabe rawit, kencur, daun jeruk purut, bawang putih, gula jawa dan gula pasir, garam, asam jawa.

    Cara : Semua bahan di goreng sangrai ( atau di saute dengan sedikit minyak ) kecuali gula jawa, gula pasir dan garam.dan asam jawa Lalu haluskan semua bahan. Pemakaian dicairkan dengan air hangat sedikit aduk-aduk jangan terlalu encer.siap di pakai dengan disiramkan ke sayur pecel.

  9. Gado-gado

    Bahan : Tahu( goreng), tempe (goreng), kentang ( goreng), telur ( rebus), Tauge ( rebus), kobis ( rebus ) dan tomat.

    Cara : iris slices ( tipis sedang ) semua bahan yang diiris, atur dalam piring dengan garnish selada, lalu di siram dengan saus gado-gado.

  10. Saus Gado-gado

    Bahan : Kacang tanah ( digoreng atau dioven), diblender dengan santan kelapa, lombok merah, bawang putih, kencur saute dengan di kasih campuran air sedikit.

    Cara : dipanaskan dengan api kecil sampai matang mengental.

  11. Lalapan

    Bahan : Timun, tomat, kacang panjang, kobis, kemangi

    Cara : potong sedang lalu sajikan di piring dengan garnish.


bersambung ..... kolom berikutnya tentang salad kontinental ( salad Eropa )



Tidak ada komentar: